Kategori

Oleh-Oleh Khas Daerah di Indonesia Part 1

image

Oleh-oleh Khas Yogyakarta

 

Sudah bukan rahasia umum jika Yogyakarta memiliki makanan dan oleh-oleh khas. Yogyakarta memang istimewa termasuk keragaman oleh-oleh. Sejauh melangkah dan berkeliling di seluruh kota Yogyakarta belum terasa lengkap jika tidak membawa sesuatu untuk keluarga dan saudara di rumah, sebagai oleh-oleh dari Kota Yogyakarta.

1. Bakpia

Semua orang pasti mengenal yang namanya bakpia, yaitu panganan yang bentuknya bulat kecil di dalamnya berisi kacang hijau, dibungkus dengan tepung lalu dipanggang. Di beberapa daerah di Indonesia, makanan yang terasa gurih dipadu dengan rasa isinya, jika dimakan ini dikenal dengan nama pia atau kue pia.

Bedanya Bakpia Pathok bentuknya lebih kecil dan lebih lembut  jika dikunyah. Saat ini isi bakpia tidak hanya berisi kacang hijau. Tapi ada isi cokelat, kumbu hitam bahkan keju.

Di Yogyakarta, bakpia yang cukup dikenal salah satunya berasal dari daerah Pathuk, Yogyakarta. Tempat lain yang cukup tekenal adalah Bakpia Kurniasari yang ada di jalan dekat Terminal Lama, Umbulharjo, Yogyakarta.

Sedikit tips membeli bakpia, minta pada penjual untuk mencicipi dan memastikan baru tidaknya makanan ini. Jika dikunyah dan ditekan masih lunak dan mudah hancur saat di kunyah, artinya masih layak konsumsi dan tahan lama untuk dibawa pulang.

Sebaliknya jika agak keras, sebaiknya tidak usah dibeli karena kemungkinan buatan lama dan kurang layak untuk dikonsumsi karena sudah kadaluarsa. Makanan ini sebaiknya dikonsumsi maksimal 3 hari dari pembuatan. Lebih dari itu sebaiknya jangan dimakan karena rasanya sudah tidak nikmat lagi.

2. Geplak

Geplak adalah makanan yang memakai bahan dasar kelapa, gula dan pewarna makanan serta aroma sesuai selera. Biasanya disajikan dengan warna menyolok kuning, pink, coklat atau tergantung rasanya. Makanan yang manis rasanya ini, sekarang variannya tidak hanya semacam saja. Rasa coklat, nangka, durian, atau vanila bisa anda pilih sesuai selera.

Proses pembuatan geplak tidak terlalu sulit, setelah bahan disiapkan langkah selanjutnya adalah sebagai berikut: Kelapa muda diambil dagingnya, lalu dibersihkan kulit luarnya setelah itu diparut, lalu santannya ditempatkan di kuali dan dicampur dengan gula, lalu diaduk. Setelah itu dinaikkan ke tungku.

Setelah kurang lebih 4 jam diturunkan dari tungku dan diberi aroma, lalu dibentuk dan diangin-anginkan selama kurang lebih 10 menit. Untuk mendapatkan makanan ini, hampir semua pusat oleh-oleh di Yogyakarta menyajikan.

3. Yangko

Yangko adalah sejenis makanan yang terbuat dari bahan tepung ketan. Bentuknya persegi empat mungil, ditambah dengan baluran tepung terigu. Yangko memiliki kekhasan rasa. Kecuali rasa manis yang dominan. Di dalam yangko kita juga bisa merasakan wangi aromanya.

Bentuknya yang kecil menyebabkan kita tidak cepat ketika menyantapnya. Nuansa kenyal ketika kita mengunyah mengundang sensasi kenikmatan bersantap.

Makanan ini salah satu makanan khas Kotagede. Pada awalnya yangko berisi campuran cincangan kacang dan gula. Namun kini, semakin banyak rasa baru bermunculan untuk menyemarakkan cita rasa yangko. Selain rasa asli, kini bisa pula ditemui yangko dengan rasa buah-buahan, seperti stroberi, nangka, coklat, durian dan melon.

Proses pembuatan yangko tidaklah terlalu rumit. Hanya saja dibutuhkan ketekunan, ketelitian dan keterampilan. Mula-mula dipersiapkanlah tepung ketan, gula yang telah dicairkan dan aroma. Adonan diaduk dengan mesin pengaduk (mixer).

Setelah itu adonan dibuat jenang hingga mengental. Setelah kadar kematangan dan keketalannya cukup, adonan dituang dalam wadah baskom. Bila adonan sudah suam-suam kuku kemudian dituang untuk dilentreng didinginkan dan dibuat melebar tipis. Setelah dingin barulah adonan yang sudah jadi itu dipotong-potong, dibungkus kertas minyak dan disusun dalam dus yang telah disiapkan.

Meski banyak ditemui di Kotagede, namun ada yangko juga dapat ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh di Yogyakarta. Seperti kawasan Pathuk Jl Gadjahmada, Jl Mataram ataupun pusat oleh-oleh yang tersebar di Yogyakarta.

 


 

4. Batik

 

batik yogya

 

Anda bisa menemukan batik di Pasar Tradisional Beringharjo, Jalan Malioboro dan Kampung Ngasem. Rata-rata batik yang dijual adalah batik tulis dengan kualitas terbaik.

 

Batik sendiri merupakan warisan budaya Indonesia yang sudah diakui oleh Unesco. Anda bias membeli batik di Yogyakarta dalam bentuk bahan maupun sudah dalam bentuk pakaian yang siap pakai. Tidak hanya batik Yogyakarta saja yang bisa Anda beli, Tapi di Yogyakarta juga tersedia banyak batik solo dan batik Pekalongan.

 


 

5. Gerabah Kasongan

 

gerabah kasongan

 

Fungsi gerabah mungkin saat ini sudah tidak terlalu digunakan sebagai alat perlengkapan rumah tangga, tetapi telah beralih fungsi sebagai penghias ruangan. Untuk Anda yang ingin membawa oleh-oleh Gerabah, Anda bisa berkunjung keKasongan, lokasinya sekitar 6 km dari pusat kota.

 

Tempat ini memang dikenal sebagai penghasil kerajinan Gerabah yang bagus dan cantik. Tersedia berbagai motif dan corak yang membuat gerabah yang dijual di tempat ini semakin cantik dan sangat variatif. Selain itu, harga yang ditawarkan juga sangat murah.

 


 

Oleh-oleh Khas Malang

 

Kota Malang menyimpan banyak tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Suasana Malang yang kebanyakan masih alami ini membuat tempat wisata yang ada di Malang terkesan masih terjaga. Hal ini tentu saja membuat wisatawan yang berkunjung ke Malang akan menyimpan rasa ingin kembali lagi ke kota Malang. Apalagi jika berbicara mengenai oleh-oleh khas Malang yang pastinya membuat wisatawan tertarik untuk membelinya.

Malang memang terkenal memiliki hasil alam yang banyak digemari oleh masyarakat. Hasil masakan dari Malang juga memiliki cita rasa yang khas sehingga banyak orang yang penasaran dengan masakan / olahan makanan dari Malang ini. Banyak orang yang mengincar oleh-oleh pada saat mereka berkunjung ke kota Malang, atau sekedar lewat kota Malang. Jika anda penasaran dengan oleh-oleh apa saja yang bisa anda temui di kota Malang, berikut ini akan disajikan mengenai informasi tentang oleh-oleh yang ada di Kota Malang.

1. Kripik Tempe

keripik tempe malang

Oleh-oleh yang bisa anda temui di Malang adalah kripik tempe. Kalau di Lampung ada kripik pisang dengan berbagai varian rasa, di Malang ada kripik tempe yang mempunyai berbagai varian rasa juga. Kripik tempe ini memiliki rasa yang renyah dan gurih. Tentu saja kripik tempe ini bisa menjadi teman makan, atau sebagai cemilan harian. Harganya yang sangat cocok dikantong juga membuat kripik tempe ini semakin menjadi incaran wisatawan dan orang yang berada di Malang. Namun sebenarnya selain kripik tempe, Malang juga terdapat jenis kripik yang lain seperti kripik singkong, dan kripik dari buah-buahan.


2. Pia Mangkok

pia mangkok malang

Selain terkenal dengan kripik, anda juga bisa menemui oleh-oleh khas Malang yang lainnya yaitu Pia Mangkok. Pia mangkok ini sangat terkenal di Malang karena memiliki rasa yang beraneka ragam seperti manis, gurih, dan crispy dan yang pasti rasanya membuat orang yang mencobanya menjadi ingin memakannya lagi. Pia mangkok sebenarnya mirip dengan bakpia Pathok yang ada di Yogyakarta, namun pia mangkok memiliki tekstur yang kering. Untuk masalah harga, Pia Mangkok ini dibandrol dengan harga yang relatif murah yaitu sekitar Rp. 20.000 per bungkus (1 bungkus terdapat 12 Pia Mangkok).


3. Sari Apel

sari apel malang

Ada lagi oleh-oleh lainnya yaitu Sari Apel. Malang memang terkenal dengan buah apel sehingga di Malang, wisatawan dapat dengan mudah menemukan makanan olahan dari buah apel. Salah satu olahan dari buah apel yang bisa dijadikan oleh-oleh adalah Sari Apel. Sari apel ini tersedia dalam berbagai varian rasa yang tentunya sangat segar jika diminum.


4. Bakso Malang

bakso malang












Oleh-oleh khas Malang yang tidak boleh ketinggalan yakni bakso. Bakso Malang adalah bakso yang sudah terkenal dimana-mana karena rasanya yang enak. Nah, jika anda berada di Malang, tidak ada salahnya jika anda membeli oleh-oleh bakso Malang yang melegenda itu. Anda tidak perlu khawatir kalau bakso akan basi jika dibawa ke tempat yang sangat jauh karena saat ini sudah terdapat bakso yang bisa bertahan hingga berbulan-bulan lamanya. Salah satu bakso yang bisa bertahan berbulan-bulan adalah Bakso Presiden yang mempunyai bumbu kering dan frozen pentol sehingga anda bisa membawanya pulang untuk oleh-oleh dari Malang.


5. Bakpao Telo

bakpao telo malang

Ada lagi oleh-oleh dari Malang yang pastinya membuat anda penasaran ingin merasakannya. Namanya adalah Bakpao Telo. Bakpao Telo terbuat dari ubi ungu dan mempunyai rasa yang berbeda dengan bakpao lainnya. Rasanya lebih gurih dan lebih manis dari bakpao biasa.


6. Apel Malang

apel malang

Satu lagi oleh-oleh yang tak boleh ketinggalan kalau berkunjung ke Malang yaitu Apel. Anda bisa menjadikan apel sebagai oleh-oleh karena Malang memang sudah sangat terkenal dengan Apel yang berkualitas dan memiliki rasa yang manis dan segar. Itulah beberapa informasi oleh-oleh yang ada di Malang. Anda dapat menemukan oleh-oleh tersebut di kota Malang secara mudah.


 

Sun, 2 Feb 2014 @17:25


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Artikel Terbaru
SEGARA OFFICE JAKARTA

Telp. +6221-22879497 / 0838 49677772

 Jl. Taman Mini Raya, Jakarta Timur 13560 Indonesia
Tamini Square Lt. LG Blok LS 9 No. 2
Email : segaratours02@gmail.com

Contact Person :
Eni Nurhaedin 0819 10223424
Aulia 0812 32119812

SEGARA OFFICE BANDUNG BALTOS

Telp : +6222-84468767 / 0878 23277772

Jl. Tamansari, Bandung 40132 Indonesia
Balubur Town Square Lt. 1 Blok L no. 11
email : segaratours@gmail.com

Contact Person :
Sri Nengsih 0823 20400827
Mustika Rahayu 0813 21090879

SEGARA OFFICE BANDUNG SUKAJADI

Telp. +6222-82021145 / 0859 64077772

Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung 40162 Indonesia
Email : segaratours@gmail.com
Contact Person :

Cindy Nadia 0857 23015433

Novi Hanifah 0858 61819866


Visitor Counter

Flag Counter

Costumer Services

CS1

Costumer Service 1

CS2

Costumer Service 2

CS3

Costumer Service 3

InfoTiket

Info Tiket

InfoTour

Info Tour

Galeri

 

Copyright © 2018 SEGARA TOURS & TRAVEL · All Rights Reserved