Kepulauan ini merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Gugusan tersebut berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Ada empat gugusan pulau terbesar, yakni Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Sulawati dan Pulau Batanta.

Kepulauan Raja Ampat kini terkenal akan potensi wisata bahari dengan keindahan pemandangan bawah laut yang menarik perhatian penyelam. Perairan Kepulauan Raja Ampat menurut berbagai sumber merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia.

Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini. Seperti yang dijelaskan Dr. John Veron, seorang ahli karang berpengalaman dari Australia, bahwa Kepulauan Raja Ampat mempunyai kawasan karang terbaik di Indonesia dengan sekitar 450 jenis karang.

Ada beberapa kawasan terumbu karang yang masih sangat baik kondisinya dengan persentase penutupan karang hidup hingga 90%, yaitu di Selat Dampier (selat antara Pulau Waigeo dan Pulau Batanta), Kepulauan Kofiau, Kepualauan Misool Tenggara dan Kepulauan Wayag. Tipe dari terumbu karang di Raja Ampat umumnya terumbu karang tepi dengan kontur landai hingga curam tetapi ditemukan tipe atol dan tipe gosong atau taka.

Beberapa tempat di Kampung Saondarek, ketika pasang surut terendah bisa disaksikan hamparan terumbu karang tanpa menyelam dan dengan adaptasinya sendiri, karang tersebut tetap bisa hidup meski berada di udara terbuka dan terkena sinar matahari langsung.

Bahkan, gugusan Misool ditemukan peninggalan prasejarah berupa cap tangan yang diterapkan pada dinding batu karang. Uniknya, cap-cap tersebut sangat dekat dengan permukaan laut dan tidak berada di dalam gua. Menurut perkiraan, usianya sudah 50.000 tahun dan menjadi bagian dari rangkaian petunjuk jalur penyebaran manusia dari kawasan barat Nusantara menuju Papua dan Melanesia. Tak hanya itu, sisa pesawat karam peninggalan Perang Dunia II juga dapat dijumpai di beberapa tempat penyelaman, seperti Pulau Wai.

Cara Pergi Ke Raja Ampat

Ada beberapa cara untuk pergi ke Raja Ampat. Cara paling mudah dan cepat tentu dengan terbang menggunakan pesawat. Cara murah ke Raja Ampat adalah dengan naik kapal laut, meski akan memakan waktu lebih lama.

Pergi ke Raja Ampat Dengan Pesawat Terbang

Meski letaknya di Papua Barat, Anda tidak perlu khawatir untuk dapat mencapai Raja Ampat karena sudah ada penerbangan ke Sorong dari Jakarta atau Bali via Makassar atau Ambon dan Manado. Meski memakan waktu lama sekitar enam jam penerbangan, Kota Sorong termasuk kota yang cukup besar dengan fasilitas memadai.

Jika Anda melakukan penerbangan dari Jakarta ke Sorong akan memakan waktu empat jam yang berhenti di Manado dengan maskapai Lion Air atau Wings Air. Sementara dengan maskapai Garuda Indonesia atau Sriwijaya Air yang transit di Makassar akan menempuh enam jam penerbangan. Namun, tersedia pula penerbangan langsung dari Jakarta ke Sorong menggunakan maskapai Express Air selama empat jam penerbangan. Selanjutnya, Anda dapat meneruskan penerbangan dari Sorong ke Raja Ampat dengan Susi Air yang berkapasitas 14 orang.

 

Pergi Ke Raja Ampat Dengan Kapal Laut

Setelah sampai di Sorong, ada beberapa pilihan transportasi ke Raja Ampat, yakni dengan Kapal Perintis, Kapal Wisata dan kapal ASDP dengan rute Sorong-Saonek dan Waisai. Anda perlu memperhatikan jadwal keberangkatan kapal karena tidak setiap saat berangkat, yaitu pukul 13.00 WIT berangkat dari Sorong ke Waisai yang memakan waktu 1,5 sampai dua jam. Sementara, kapal akan kembali ke Sorong dari Waisai pukul 11.00 WIT. Tiket kapal tersebut dapat dibeli di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Raja Ampat di nomor telepon (0411) 402650.

Untuk menjelajahi kepulauan Raja Ampat, Anda dapat memilih ikut tur atau perahu pinisi atau tinggal di resort Raja Ampat Dive Lodge. Lokasi ini tidak hanya ditujukan bagi penyelam, tetapi juga non penyelam karena terdapat pantai-pantai pasir putih yang indah dengan gugusan pulau karst dan flora fauna unik, seperti cendrawasih merah, cendrawasih Wilson, maleo Waigeo,aneka burung kakak tua dan nuri, kuskus Waigeo dan aneka jenis anggrek.

Jadi, apakah kamu sudah siap berlibur ke “Raja Ampat?” Segara Tours & Travel siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan kamu ke Trans Studio Bandung pada Segara Tours