Hasil gambar untuk check in airport

Hallo Sahabat Traveling 🙂 Bagi anda yang pertama kali naik pesawat terbang maka sebaiknya anda baca panduan berikut ini. Untuk bisa melakukan cek in (Check In) agar bisa masuk ke pesawat.

Sebelumnya kami akan menjelaskan apa sih istilah “Check In“? Check-In adalah proses konfirmasi calon penumpang pada maskapai sesaat sebelum menaiki pesawat terbang. Check-In dapat dilakukan secara manual di setiap counter maskapai atau secara mandiri yang bisa dilakukan pada mesin check-in (self check-in) yang disediakan di setiap bandara.

Check-In dapat juga dilakukan via mobile sehari ataupun dua hari sebelum jadwal keberangkatan dan tergantung pada kebijakan setiap maskapai. Check-in online tentunya sangat bermanfaat dikarenakan proses antrian yang biasanya terjadi di bandara membuat kita harus menunggu lama dan yang lebih fatal kita bisa ditinggal oleh pesawat. Maka dari itu, check-in online merupakan solusi dari maskapai penerbangan untuk memudahkan kita tanpa harus mengantri di counter bandara.

Hasil gambar untuk check in airport

Dan berikut tata cara check in yang baik dan benar :

1. Datanglah ke Bandara 1-2 jam sebelum keberangkatan

Biasakan datang ke bandara satu sampai dua jam sebelum waktu keberangkatan yang tertera dalam tiket pesawatmu. Saat tiba di bandara, kamu harus memasuki terminal yang sesuai nama maskapai yang akan kamu naiki. Saat akan memasuki terminal tujuan, tunjukkan e-tiket atau print out tiket elektronik kepada petugas. Biasanya juga akan dilakukan pemeriksaan keamanan dengan metal detector untuk barang bawaanmu. Lantas segeralah beranjak untuk mengurus keperluan lainnya

2. Carilah loket Check in sesuai nama maskapai untuk mendapatkan Boarding Pass

Check-in merupakan prosedur resmi di mana pihak maskapai mencatat setiap penumpang yang datang ke dalam data penerbangan. Barang yang kamu bawa juga akan ditimbang sebelum masuk bagasi, siap-siap membayar lebih jika ternyata bawaan kamu melebihi kuota. Dalam proses check-in, kamu akan diberikan boarding pass yang berisi informasi mengenai nomor penerbangan, nomor kursi di pesawat, termasuk nomor gate (pintu) keberangkatan sebagai tanda masuk ke dalam pesawat. Setelahnya, kamu akan diminta membayar airport tax sesuai tarif yang berlaku. Beberapa maskapai nggak memberlakukan sistem ini, karena tarif tersebut sudah digabung dengan harga tiket.

3. Setelah mendapatkan Boarding Pass, Masuk ke Boarding Room untuk Persiapan Keberangkatan

Ruang tunggu untuk masuk pesawat ini biasanya dipisahkan berdasarkan pintu. Sebelum memasuki ruang keberangkatan, lagi-lagi kamu harus melalui proses pengecekan barang dan pemeriksaan keamanan. Setelah melewati pemeriksaan yang agak ribet tadi, pastikan kamu menunggu di area gate yang tepat karena nantinya kamu akan masuk ke pesawat hanya melalui pintu ini. Nomor gate tertera di boarding pass atau bisa juga ditemukan di papan pemberitahuan. Kamu bisa mencocokkan nomor pesawat dengan nomor gate. Di papan ini, kamu juga bisa mengetahui jam keberangkatan dan juga status pesawat.

4. Sambil menunggu, selalu dengarkan pengumuman mengenai status penerbanganmu

Pastikan lagi mengenai status pesawat yang akan kamu naiki. Selain dengan melihat papan pengumuman, kamu juga wajib mendengarkan setiap pengumuman yang disampaikan oleh customer service. Jika kamu nggak yakin, coba tanyakan ke orang yang ada di sebelahmu, apakah dia akan naik pesawat yang sama.

5. Saatnya memasuki pesawat

Carilah tempat duduk sesuai nomor pada boarding pass. Letakkan bawaan kamu di kompartemen di atas tempat duduk dengan rapi. Biasakan untuk langsung memakai sabuk pengaman dan duduklah dengan tenang.

Itulah panduan tentang bagaimana caranya memasuki bandara atau istilahnya Check-In Bandara. Semoga informasi informasi ini dapat bermanfaat bagi para Traveler yang akan berpergian menggunakan pesawat untuk pertama kalinya. Tetap safety dalam perjalanan anda. Dan jangan lupa untuk melihat berbagai Paket Wisata dengan berbagai tujuan yang anda sukai hanya ada di Segara Tours